Home

Minggu, 10 Oktober 2010

Senjata Pemusnah Negara-Negara di Dunia

AMERIKA : Bom Nuklir

Image

Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat - sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran - semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.Pada masa itu daya ledak bom nuklir yg dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo(ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT

Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Cina, India dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. Lihat daftar negara dengan senjata nuklir lebih lanjut.
Bentuk bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki

Senjata nuklir kini dapat dilancarkan melalui berbagai cara, seperti melalui pesawat pengebom, peluru kendali, peluru kendali balistik, dan Peluru kendali balistik jarak benua.




ISRAEL : Bom Jericho

Image

Peluru kendali Jericho adalah nama umum yang diberikan kepada peluru kendali balistik jarak serdahana (MRBM) Israel. Nama tersebut diambil dari kontrak pembangunan yang ditandatangani antara Israel dan Dassault pada 1963. Seperti banyak projek berkaitan dengan program senjata nuklir Israel butiran terperinci sukar didapati dalam alam umum (public domain).

Peluru kendali Jericho I pertama sekali dikenal pasti sebagai sistem beroperasi pada lewat 1971. Ia adalah 13.4 m panjang, diameter 0.8 m, seberat 6.5 ton. Ia mempunyai jarak 500 km dan Kemungkinan ralat bulatan "Circular error probable" (CEP) 1,000 [[meter|m], dan ia mampu membawa beban sekitar 400 kg. Ia diperkirakan untuk membawa kepala peledak nuklir. Pembangunan permulaan adalah bersama dengan Perancis, Dassault membekalkan berbagai sistem peluru kendali semenjak 1963 dan jenis dikelaskan MD-620 diuji pelancarannya pada 1965. Tetapi kerjasama dengan Perancis terbentur dengan embargo senjata semenjak Januari 1968. Penyelidikan diteruskan oleh IAI di kemudahan Beit Zachariah dan ongkos program tersebut meningkat hampir $1 milyar pada 1980. Walaupun menghadapi masalah sistem pensasar, dipercayai hampir 100 peluru berpandu jenis ini dihasilkan.

Sistem ini dipertingkatkan sekitar 1985, ia dikenali sebagai Jericho II, menggunakan bahan api pepejal, 13 ton, sistem dua-peringkat. Terdapat beberapa pelancaran ujian ke Laut Tengah dari 1987 sehingga 1992, paling jauh sekitar 1,300 km, kebanyakannya dari kemudahan di Palmahim, selatan Tel Aviv. Kualitas sistem ini juga tidak diketahui dengan jelas tetapi dipercayai menyamai US MGM-31 Pershing. Ini disebabkan kerajaan Amerika Serikat membekalkan bantuan teknikal yang banyak kepada Israel pada 1970s.

Dipercayai bahawa Jericho II membentuk asas kepada, 23 ton Shavit NEXT pelancar satelit tiga-peringkat (menyerupai RSA-3 Afrika Selatan), pertama sekali dilancarkan pada 1988 dari Palmachim. Berasaskan prestasi Shavit dianggarkan bahawa sebagai peluru berpandu balistik ia mempunyai jarak maksima sejauh 4,500 km dengan beban terhad 250 kg.

Dikatakan juga bahwa sistem Jericho IIb atau Jericho III telah disiapkan atau sedang dibangunkan.

KOREA UTARA : Bom TAEPODONG

Image

Diberitakan bahwa Korea Utara mencoba sebuah peluru kendali tipe baru yang mampu menjangkau Pulau Guam AS dan Australia.

Rudal tersebut mampu mencapai jarak 3.000 kilometer.

Rudal itu diyakini sama dengan tipe rudal yang dipamerkan dalam sebuah parade militer di Korut pada 2007.

Korut juga diyakini tengah menyiapkan uji tembak rudal balistik versi jarak jauh Taepodong-2.

INDIA : Bom AGNI




Peluru kendali Agni (Sanskrit: अग्नी, Agnī "Api") adalah seri untuk peluru kendali balistik yang dibuat oleh India dibawah program gabungan pengembangan peluru kendali (Integrated Guided Missile Development Program). Pada 2007, Keluarga Rudal Agni mempunyai 4 variant:

1. Agni-I peluru kendali balistik jarak pendek , jarak jangkauan 700 km,
2. Agni-II peluru kendali balistik jarak menengah, jarak jangkauan 2,500 km ,
3. Agni-III peluru kendali balistik jarak menengah,jarak jangakuan 3,500- 4,000 km.
4. Agni-IV peluru kendali balistik antar benua , jarak jangkau 6,000 km

Pertama kali dites di Interim Test Range di Chandipur pada 1989, dan mampu membawa hulu ledak konvensional 1000 kg (2,200 lb) atau sebuah hulu ledak nuklir. Rudal ini terdiri dari roket 1 tahap untuk jarak pendek dan 2 tahap untuk jarak menngah. Rudal berbahan bakar propelan padat ini mampu diluncurkan secara mobil dari truk maupun kereta.

INDONESIA : Bom ELPIJI 3KG

Bom Elpiji adalah salah satu bom mematikan di Indonesia, bahkan mungkin di Dunia. Ini terbukti dengan banyaknya korban jiwa akibat dari penggunaan Bom ini. Yang disayangkan adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah kebawah yang menjadi korban ledakan. Hanya bom ini cukup murah di pasaran, dengan harga Rp 15.000, bom ini sudah bisa di dapatkan di Indonesia.


Image

     (bercanda sedikit)

Tidak ada komentar: